Fix! Arab Saudi Pastikan Haji Siap Digelar Mulai 17 Juli 2021

Abie Moechtar - Jumat, 9 Juli 2021, 19:08 WIB

Jemaah haji memegang payung berwarna di sekitar Ka'bah, Masjidil Haram, di kota suci Mekah. /STR/AFPJemaah haji memegang payung berwarna di sekitar Ka'bah, Masjidil Haram, di kota suci Mekah. /STR/AFP

FIXPEKANBARU.COM - Meskipun masih dalam Pandemi covid-19, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah menyatakan kesiapannya dalam menyelenggarakan ibadah haji pada tahun ini. 

Percepatan kesiapan di lokasi pelaksanaan haji akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan dan semua kebutuhan terkait akan terpenuhi tepat waktu saat jamaah datang. 

“Kementerian Haji dan Umrah telah membuat rencana teknis dan strategis haji dengan menggandeng lebih dari 30 pihak mulai dari swasta, pemerintah dan pihak keamanan,” kata Abdulfattah Mashat, Deputi Kementerian Haji dan Umrah dilansir dari Arabnews, Kamis (8/7).

Baca juga: Tanoto Foundation Donasikan 500 Ton Oksigen Bagi Pasien COVID-19 di Indonesia

Mashat menambahkan bahwa lokasi yang akan menjadi tempat tinggal para jamaah seperti pemondokan dan hotel juga sudah siap. Lokasinya dipilih berada di sekitar Makkah agar dapat terintegrasi dengan baik sesuai rencana guna menjamin keselamatan dan keamanan proses ibadah haji tahun ini. 

Pemerintah Arab Saudi juga sudah menyiapkan jaringan transportasi yang akan menghubungkan semua situs-situs haji. Tenda-tenda jamaah di padang Arafah dan berbagai fasilitas di Mina dan Muzdalifah telah dicek kesiapannya. 

“Kondisi lingkungan tahun ini akan berbeda dengan musim haji tahun lalu. Tahun ini kondisi akan lebih sehat dengan menerapkan jaga jarak selama pelaksanaan haji. Tenda perkemahan lebih besar untuk memastikan sirkulasi angin untuk mengurangi berbagai risiko,” katanya.

Baca juga: Sudah Jadi Tersangka, Viral Lagi Video Nia Ramadhani saat Ngomong Shabu-shabu

Editor: Abie Moechtar

Sumber: NU Online

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
Responsive image
sorot