Kemenag Kebut Proses Tranformasi 6 IAIN Ini Jadi UIN

Abie Moechtar - Kamis, 2 September 2021, 9:41 WIB

FGD Penguatan Perubahan Bantuk PTKIFGD Penguatan Perubahan Bantuk PTKI

FIXPEKANBARU.COM - Kementerian Agama terus mengebut proses transformasi atau perubahan bentuk enam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Sekjen Kemenag Nizar mengatakan bahwa usul perubahan bentuk ini sudah diajukan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

Menurut Nizar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan surat ke Kemenpan-RB, Nomor B-379/MA/OT.00/08/2021, tertanggal 30 Agustus 2021, perihal Usul Perubahan Bentuk Enam IAIN menjadi Universitas. Hal ini menandai tahapan lanjutan dari proses tranfsormasi.

Baca juga: Termasuk UIN Suska Riau, Ini 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Terbaik Versi Webometrics Juli 2021

“Perjuangan transformasi enam IAIN menuju UIN ini masih membutuhkan beberapa tahapan. Maka semuanya harus bergandengan, kompak dan tentu di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,” kata Sekjen Kemenag RI Nizar Ali, dalam acara FGD Penguatan Perubahan Bantuk PTKI, di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

“Semoga semua proses dapat dilalui dengan baik, dan segera keenam IAIN ini terwujud menjadi Universitas,” sambungnya, seperti dilansir dari situs Kemenag.

Enam IAIN yang diusulkan untuk berubah bentuk adalah  IAIN Padangsidimpuan, IAIN Pekalongan, IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi, IAIN Salatiga, dan IAIN Cirebon. 

Baca juga: Selamat! Dilantik Menteri Agama, Martin Kustati Jadi Rektor Perempuan Pertama UIN IB Padang

Editor: Abie Moechtar

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi