Komisi XI DPR RI Desak Bappenas Tinjau Ulang Kelanjutan Proyek Ibu Kota Negara

Abie Moechtar - Kamis, 10 Juni 2021, 8:17 WIB

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta KomarudinAnggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

FIXPEKANBARU.COM - Anggaran pagu indikatif Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) diusulkan sebesar Rp1.37 triliun di 2022, atau turun tipis dari pagu anggaran yang diberikan pada tahun ini mencapai sebesar Rp1,39 triliun. 

Besaran anggaran tersebut akan ditujukan sebanyak 54,3 persen untuk program pembangunan nasional, dan 45,7 persen untuk program dukungan manajemen.

Berdasarkan jenis belanja, terbesar adalah untuk belanja barang 67,6 persen atau sebesar Rp930,16 miliar, belanja modal 3,8 persen atau setara Rp52,78 miliar, dan sisanya adalah belanja pegawai sebesar 28,6 persen atau sebesar Rp329,95 miliar

Baca juga: Heboh Sinetron "Suara Hati Istri: Zahra", DPR Minta KPI Tingkatkan Pengawasan Penyiaran

Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) tercatat masuk menjadi salah satu komponen belanja barang, yang anggarannya mencapai Rp930,16 miliar untuk tahun anggaran 2022 tersebut.

Terkait hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menegaskan bahwa rencana pemindahan ibu kota perlu diikuti oleh kesiapan dan keamanan nasional. 

"Ada satu poin yang harus disinkronkan persiapan alat pertahanan dan keamanan kita. Jangan sampai IKN baru, design cantik, hebat, tapi pertahanan dan keamanannya gak secanggih infrastrukturnya," kata politisi Partai Gerindra tersebut dalam rapat kerja Komisi XI DPR RI bersama Menteri PPN/ Kepala Bappena Suharso Monoarfa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (9/6/2021) seperti dikutip dari situs resmi DPR RI.

Baca juga: Dua Kubu Golkar Siak Bentrok Saat Sidang Pleno, Gara-gara Ingin Jabatan Ketua DPRD Diganti

Editor: Abie Moechtar

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi