Pemprov Riau Raih Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI

Abie Moechtar - Rabu, 13 Oktober 2021, 14:39 WIB

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang DarmawatiMenteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati

FIXPEKANBARU.COM - Kementerian Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI menyelenggarakan kegiatan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Pada ajang ini Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau meraih penghargaan. 

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengucapkan apresiasi terhadap jajaran para menteri, gubernur, bupati dan wali kota yang turut serta dalam strategi dalam setaraan gender.

"Pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," kata Menteri Bintang Puspayoga ini.

Baca juga: Rektor Unilak: Jika Ingin Sukses dan Berhasil Muliakan Orang Tua

Namun, menurutnya masih seringkali yang terjadi dalam pembangunan tersebut belum dirasakan setara oleh kaum perempuan. Hal ini disebabkan antara lain, karena kebijakan program dan kegiatan pembangunan, belum sepenuhnya memperhatikan adanya perbedaan.

"Baik perbedaan dari segi kebutuhan, pengalaman, dan kondisi lainnya yang ada dalam masyarakat yang bersifat kodrati maupun hasil konstruksi sosial yang terjadi. Sehingga dalam konteks pembangunan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki berdampak pada adanya kesenjangan atas akses partisipasi, kontrol, dan manfaat," ujarnya. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional pengarusutamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat vokalis utama dalam mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif.

Baca juga: Presiden Jokowi: Rakyat Afghanistan Dambakan Perdamaian dan Hidup Normal

Editor: Abie Moechtar

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi