Tilang Kendaraan Pakai Sistem Poin, Jika Sudah Keterlaluan SIM Bakal Dicabut

Harun | Redaksi Fix Pekanbaru - Minggu, 6 Juni 2021, 9:33 WIB

ilustrasi Surat Izin Mengemudiilustrasi Surat Izin Mengemudi

FIXPEKANBARU.COM - Bagi anda yang selalu melanggar aturan lalu lintas dalam berkendara mulai hari ini sebaiknya meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, melanggar lalu lintas ada konsekuensi yang harus ditanggung pelanggar. Salah satunya adalah pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sebab, saat ini tilang kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas telah menggunakan sistem poin. Hal ini tercantum pada Peraturan Kepolisian (Perpol) 5 Tahun 2021, tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

Jika pelanggaran dilakukan terus-menerus atau telah mencapai penalti maka siap-siap anda akan kehilangan SIM dan tidak berhak mengendarai kendaraan bermotor.

Baca juga: 'Suhu Wan' Terpilih Jadi Ketua Umum IKA Unri, Selisih Suara dari Achmad

Hal tersebut disampaikan Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman. “Untuk pelanggaran terbagi menjadi sedang, berat dan ringan. Masing-masing ada poinnya, apabila sudah mencapai point tertinggi atau angka penalti maka SIM dapat dicabut sementara ataupun permanen sesuai putusan pengadilan,” kata Arief Budiman, dikutip dari laman resmi Divisi Humas Polri.

Editor: Harun

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi